UPA TIK Sukses Gelar Lokakarya Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi untuk SPMI-AMI dan Sistem Akreditasi Sebagai Implementasi Program Revitalisasi PTN-BH Untirta

UPA TIK Sukses Gelar Lokakarya Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi untuk SPMI-AMI dan Sistem Akreditasi Sebagai Implementasi Program Revitalisasi PTN-BH Untirta

Tangerang (29/09/2024) – Unit Pengelola Administrasi (UPA) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa berhasil menyelenggarakan dua lokakarya berturut-turut dengan fokus pada pengembangan sistem informasi terintegrasi. Lokakarya pertama bertajuk Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi untuk Proses SPMI-AMI diadakan pada 24-26 September 2024, sementara lokakarya kedua, Pengembangan Data dan Command Center Sistem Akreditasi, berlangsung pada 27-29 September 2024 di Fika Room Aparthotels, Kota Tangerang, Banten.

Dalam kegiatan tersebut, Yus Rama Denny M., S.Si., M.Si., Ph.D, selaku Ketua Tim PIU Revitalisasi PTN BH sekaligus Kepala UPA Lab Terpadu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, menyatakan bahwa 80% program telah rampung untuk aplikasi SPMI-AMI. "Ini merupakan bagian dari upaya Untirta untuk beralih dari PTN BLU ke PTN BH. Kami berharap kegiatan ini berkelanjutan sehingga implementasi SPMI-AMI dapat diterapkan di seluruh unit," ungkapnya.

Prof. Dr. Wahyu Susihono, S.T., M.T., Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMPP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, menegaskan pentingnya sistem ini dalam mempermudah akses dokumen bagi setiap program studi. "Dengan adanya SPMI-AMI, tidak ada lagi masalah dalam pencarian dokumen. Harapannya, setiap data bisa langsung ditarik dan diolah. Integrasi seluruh sistem sangat penting, dan kolaborasi dengan UPA TIK harus terus ditingkatkan agar aplikasi yang dihasilkan user friendly," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Alfirano, S.T., M.T., Ph.D, juga menyampaikan bahwa integrasi data dalam satu dashboard adalah kunci utama keberhasilan sistem ini. "Sistem ini harus dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru dan ada integrasi dengan database portal akreditasi untuk memudahkan pengelolaan data," tambahnya.

Selama kegiatan diskusi dan pemetaan pengembangan sistem informasi terintegrasi untuk proses SPMI-AMI, Prof. Dr. Ing. Ir. Asep Ridwan, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, turut memberikan arahan dan masukan berharga.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai tim dari universitas, termasuk Tim PIU Revitalisasi, LPMPP, UPA TIK, UKBBJ, BPKU, UPA Laboratorium, dan UPA Bahasa. Lokakarya ini diharapkan dapat menjadi langkah maju dalam mewujudkan sistem informasi yang lebih terintegrasi dan mendukung proses akreditasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.